Blackberry dan Mobile Internet di Beijing

Pada post kali ini, aku pengen share cara pake BB di Beijing (bagi sebagian besar orang Indonesia, pasti BB sudah jadi barang penting donk) dan cara subscribe mobile internet.. Aku hanya membahas cara untuk operator paling besar di China (kurang lebih posisinya sama ama Telkomsel deh), yaitu China Mobile. Kalau operator lain, aku belum tahu karena belum pernah pakai.. Hehe..

*NB: cara-cara yang dituliskan di sini digunakan penulis sendiri selama bersekolah di Beijing tahun 2011 saja. Jika ada perubahan setelahnya, mungkin ada pembaca lain yang bisa share di sini. 

Blackberry

Hmm, di China, layanan Blackberry bisa dibilang limited banget sih, dan termasuk mahal jika dibandingkan dengan fasilitas yang kita dapat di Indo untuk hampir semua operator. Di Indonesia, 1 bulannya, kita bisa dapat pake unlimited data (paket full service) seharga Rp 100 rb. Kalau untuk chat saja, setauku malah lebih murah (hampir separuhnya?).. Kalau di Beijing sini, paketnya cuma ada 2, yg 30 MB (RMB 98 setara 140 ribu) dan 50 MB (RMB 108 setara 150rb). Cuma 50MB??!! iya cuma 50 MB.. dan kalau udah abis quotanya, yah berlaku tarif standard GPRS yang bakalan menyiksa banget, RMB 1 (Rp 1400) untuk 1 MB.. Kenapa menyiksa? karena kalo kebiasaan pake BB full service di Indo (lengkap untuk Facebook, Twitter, Browsing dll), ya pasti nda cukup deh 50 MB.. Aku aja kadang2 harus matiin recent update BBM, uninstall semua apps FB dan Twitter itu karena over quote :D .. Jadi, skarang Blackberry ini cuma jadi chatting machine dan trima email aja..

Berita baiknya?? Belakangan ini (Semester II tahun 2011), China Mobile ada promo buat yang pake BB, yaitu gratis 2 bulan pertama (dengan quota normal 50MB). Jadi, kalo mau murah, beli aja kartu perdana China Mobile yang wu yuan ka (五元卡)di kios2 majalah gitu, sekitar RMB 40 (Rp 56 ribu( dengan pulsa RMB 10 di dalemnya. Dan tiap kali kartunya udah overquota/habis promo, buang deh, ganti yang baru :D .. Bagi orang yang g mau repot sih, mungkin bisa tetap langganan RMB 108 per bulan (tarif normal paket BB) hehe..

Nah, terlepas dari promo atau nggak, cara langganan Blackberry sebenarnya juga cukup ribet, karena denger2, sistemnya mereka itu benernya BES (Blackberry Enterprise Server), bukan BIS (Blackberry Internet Service). Jadi, lebih ditujukan untuk pekerja kantoran, bukan kayak di Indonesia yang jadi social networking machine.. Hehe.. Dulu sih, kalau kita mau langganan, harus ke kantornya dan ngurus macem-macem, terutama karena kita foreigner. Trus, semester lalu, temenku kenal sama salah satu officernya China Mobile yang memang kerjanya di divisi Blackberry, dan biasanya dia yang bantuin kita untuk aktivasi BB di sini.

Namun, belakangan, kita udah tau sendiri sih cara-caranya.. Hehe.. Nih caranya:

  1. Syarat utama, BB harus bisa nulis dalam bahasa mandarin, karena kita harus balas beberapa sms dengan hanzi (karakter chinese). Jadi, kalo belum bisa ganti language dan nulis hanzi, yah maaf saja :D .. hehe.
  2. Kirim SMS ‘KTYX’ ke 10086. Lalu, nanti akan dapat balasan lagi dari operator. Balas dengan nulis ‘shi’ (是). Abis itu, kita akan dapat sms balasan lagi. Cabut baterai BB dan restart.
  3. Kirim SMS ‘KTBIS108QI01HD’ ke 100860010244.. Sampe ada sms dari operator lagi, balas lagi dengan ‘shi’ (是). Abis itu, restart/cabut baterai sekali lagi, dan logo edge kecil mestinya akan berubah menjadi EDGE besar, yang berarti data network untuk BB sudah bisa dipake.

Cara Lain Ber-Blackberry di China

Sebenarnya, ada cara lain untuk ber BB-ria di China tanpa harus berlangganan di operator lokal China. Caranya:

  1. Aktifkan paket BB full service dari Indonesia (aku pake operator XL, tp seharusnya operator lain juga bisa kok)
  2. Jangan pernah cabut SIM card dari BB dengan alasan apapun, karena kayaknya ini akan mereset Host Routing Table (sebenernya ini yang penting sih).
  3. Setiap kali kita mau pake BB tersebut, kita harus connect ke wifi apapun. dan voila, BB pun bisa dipake kayak normal lagi.
  4. Kalau kita mau pake terus BB tersebut, kita tetap HARUS langganan paket BB full service tadi. Dengan kata lain, tiap bulan kita bayar ke operator Indonesia, tapi di sini connectnya pake Wifi.
  5. Kekurangan cara ini jelas: kita harus connect dengan wifi untuk bisa ber BB-ria.. jadi, di tempat yang g ada wifinya, Bb kita jelas useless..
  6. Kelebihannya: Kita bisa pake full service seperti waktu di Indo, termasuk juga ber Facebook dan Twitter-ria tanpa diblock (karena sebenarnya BB kita itu tetap ngakses ke server di Indo, bukan server China).

Dua cara di atas tentu punya kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Tiap orang pun juga punya pertimbangan sendiri-sendiri. Semester 1 lalu, aku pake cara kedua dan tetap pake XL di sini. Namun, semester ini, aku memutuskan pake BB China Mobile karena aku pengen bisa mbawa-bawa BBku tanpa tergantung sama wifi.. lagian, aku udah jarang berFB dan Twitteran. :)

Mobile Internet

Untuk mobile internet, prosesnya lebih simple lagi sih.. Di handheld kita, di bagian mobile network, kita cuma perlu mengisi APN dengan ‘CMNET’ dan ga perlu ngisi username/password apapun. Lalu, paket data otomatis akan jalan dengan harga normal, yaitu RMB 1 untuk 1 MB data.

Kalau mau lebih murah, kita bisa pake paket-paket data yang disediakan China Mobile. Caranya, kita cukup ngirim SMS ‘KTSJLLXX’, di mana XX itu nunjukin paket yang kita ambil. Paket-paketnya yang aku tau:

  • KTSJLL10: tiap bulan RMB 10 (sekitar Rp 14ribu) dengan paket data 70MB
  • KTSJLL20: perbulan RMB20 dengan quota 150MB
  • KTSJLL50: perbulan RMB 50 dengan quota 500MB
  • KTSJLL100: perbulan RMB 100 dengan quota 1 GB

SMS ditujukan ke nomer 10086. Paket di atas hanya berlaku di Beijing. Untuk kota lain (spt Shanghai dan Guangzhou), kode aktivasinya berbeda lagi. Sumber acuan yang saya gunakan dari website ini . Pada web tersebut, dicantumkan paket untuk Shanghai dan Guangdong (Guangzhou+Shenzhen).

Perhatian:

Secara default, berinternet dengan media apapun di China (entah mobile atau wifi atau internet cable), kita pasti ga bisa buka Facebook ama Twitter karena memang ada beberapa web yang diblokir oleh pemerintah China (contoh lain: blogspot.com, youtube.com). Jadi, bagi yang punya mobile phone dan pengen tetep bisa akses, silahkan pakai VPN (baik PC maupun mobile Phone). Kalo aku sih, aku pake GoTrusted yang berbayar, sebulan nya $6. 1 account di Go Trusted, buat aku sih, bisa dipake di PC, iPhone, dan Galaxy Tab/Android device.. Jadi, sekarang aku bisa buka FB/Twitter di jalan deh :)

Selain itu, semua paket-paket di atas, baik BB maupun mobile internet, baru berlaku tiap ganti bulan, atau tanggal 1 bulan baru. Jadi, paket ini tidak langsung aktif seperti di Indo. (untuk nomor china mobile. kalau untuk operator lain, penulis belum pernah pakai)

Semua cara di atas sudah aku coba dan terbukti jalan kok.. hehe.. Sekian dulu informasinya :)

NB: Kalau mau liat beberapa tempat beberapa tempat yang asik di Beijing/China nih, silahkan liat di sini :D

 

16 thoughts on “Blackberry dan Mobile Internet di Beijing

  1. Terima kasih untuk postingan ini, sangat bermanfaat dan infonya sesuai dgn kebthan saya.
    Tp saya bth info pastinya nih, kalau saya mau bw bb saya ke beijing dengan tetap membawa nomer xl saya, tp hanya connect via wifi :

    1. Apakah pasti tidak ada biaya tambahan yang dikenakan bila saya hanya ber-bbm saat di wifi zone?
    2. Apakah saya hrs menonaktifkan pilihan sim card di bb, lalu hanya menggunakan wifi zone yg ada?

    Terima kasih atas bantuannya :)
    Gbu

    1. Halo.. Salam kenal juga..
      1. Tidak ada biaya tambahan kok (saya sudah pakai 6 bulan di sana, dan hanya perlu membayar biaya langganan bulanan XL sja), tapi harus aktif paket BB yang full service (setahu saya). Terus jangan lupa juga matikan Data Services Roamingnya, di bagian Manage Connections –> Mobile Network Options, While Roamingnya di off kan supaya tidak kena charge..
      2. Hmm, untuk pilihan sim card, tidak diaktifkan/diaktifkan sama-sama bisa kok. Tapi saya sih diaktifkan tetep, walaupun cuma GSM, karena kadang juga ada SMS yang masuk dan saya butuh untuk membalas :)
      Semoga membantu ya :D

  2. Mau nanya dong , kalo buat iphone gitu pake sim xl bisa internetan di china ? Kalo kyk twitter imessage skype bisa gak dipake kan itu dri aplikasi langsung ? Kalo beli simcard sana ad yg micro mereka ? Thx yah Gbu.

    1. Hmm, setauku nda bisa ya, karena XL ga ada kerjasama dgn operator Cina, mentok2nya cuma dpt jaringan GSM (bisa telp/sms aja). Bisanya pake wifi :)
      Kalo pake sim card china/wifi di cina, aplikasi social media semacam twitter/facebook pasti ga bisa dibuka kecuali pake VPN (foursquare masi bisa tp).. kalo aplikasi instant messenger (YM, WLM, skype) bisa kok..
      hmm, aku belum pernah beli sim card micro hehe.. tp di sana banyak yang pake iphone baru2, dan gerai iphone bertebaran di mana-mana, mestinya sim card micro juga ada yah..

  3. Haloo.. :)
    Mau tanya2 nih, kalau kita dari indo sudah pakai paket internet 3(three), sampai di china bisa dipakai tdk ya? :)
    Kalau beli kartu china mobile sana, registrasinya ribet tdk kyk di indo..??
    Rencana libur lebaran mw ke china sm hk.. :)
    Thanks ya sebelumnya..

    1. Maaf balesnya lama, masuk ke spam soalnya notifnya :p
      Hmm, menurut saya sih semua nomer, selama pas dibawa ke sana masih dalam kondisi aktif, bisa sih.. cm saya biasanya pake XL. hehe.. jadi, dipastikan aktif dulu paket BBnya, trus jangan dicopot sim-cardnya sama sekali.. nanti di sana harus pake wifi onlinenya..
      Kalau beli kartu china mobile, saya udah kasi step by step langkah registrasinya sih, cm itu waktu dulu ada promo.. saya juga kurang tau kalau kondisi sekarang ya.. soalnya udah balik hehe.. cuma tidak ribet kok.. cm perlu sms/cabut baterai 2x an gt..
      semoga membantu :)

  4. Mau tanya untuk buka fb,twitter,dan smua yg diblock di china harus pakai VPN,itu bisa diurus sewaktu di china apa harus buat account di indo?thx… :)

  5. mau tanya nih broo….aku mau tur 1minggu doang ke beijing….
    disana wifi2 emang gak bayar ya bro??
    di tempat2 mana aja yg wifinya free bro??
    hehehehehe…..thanks banget

    1. Wifinya kebanyakan gratis kok hehe.. Yg pasti ada sih biasanya Starbuck Coffee, tp sebaiknya juga ada hp yang bisa pake no lokal sana, soalnya kalo nda salah, Starbuck itu butuh login (username/password) yang di mana kita harus masukin no hp, trus dia sms username/password ke nomer lokal itu..
      Mall-mall gitu biasanya jg udah ada wifinya :D

  6. Hai thanks utk infonya, bermanfaat sekali.
    Saya mau tanya kalau utk bulan September 2012 apakah kita masih bisa online pake China Mobile dgn cara yg anda paparkan di atas?

    Saya juga kepikiran 1 cara lagi utk bisa Blackberry online di China, bagaimana kalau kita bawa device Android yg bisa tether atau bisa di set as hotspot (misalnya Samsung Galaxy series). Androidnya aktifin unlimited internet pake simcard indonesia kemudian kita ON kan di China. Kalau wifi nya sudah ON, kira2 BB nya bisa online dgn wifi dari Android itu tidak ya?

    Mohon pencerahannya lagi gan trims :D

  7. dear creandivity,

    thx for your info, posisi saya sekarang di jiang yin cina dan sy sudah membuktikan cara yang ke 2 diatas, tetapi sy melakukan kesalahan fatal yaitu lepas kartu (karena belum baca posting ini sebelumnya) trus apakah gak ada cara aktifkan lagi paket bb nya?? kalo saya coba aktifkan paket bb roaming kalo selesai 1 hari apakah tetep bisa akses. tolong balesnya ke email juga yach di aseps47@yahoo.com

  8. Mau tanya kalau beli paketan lewat SMS seperti yang disebutkan diatas contoh (‘KTSJLLXX’) ini smsnya dikirim ke no apa ya?

  9. ini saya nmsh bingung bos , padahal sdh sesuai perinth di atas ,, dan sinyal di bb sya msh edge bukan EDGE ..
    apa nomer guangzhou tdk bs d pakai bb ya?

  10. Kalau lepas batere bakalan ngaruh juga ga mas? Lalu Facebook twitter foursquare bisa diaktifkan disana?
    Mohon penjelasannya. Thankyou :)

    1. Kalo lepas baterai sih ndak.. Di sana juga bolak balik lepas baterai kalo ngehang hehe. Facebook Twitter Foursquare, kalau pake nomor Indonesia masih bisa karena anggapannya tidak melalui sensor di China, tp diarahkan ke operator Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>