Uncategorized

Sebuah Obrolan dengan Supir Taxi

Supir taxi yang ramah dan suka cerita itu bisa dianggap sebagai sebuah keberuntungan loh, terutama untuk penumpang yang berpergian sendiri. apalagi kalau supir taxinya juga pinter nyanyi. Itulah yang terjadi senin lalu, waktu aku mampir bentar ke Jakarta dari Bandung.

Ceritanya, abis ketemuan sama Glenn di Central Park, kita naik taxi ke kantornya Glenn. Yah ngobrol biasalah antara aku ama Glenn, tetap mempertahankan bahasa Suroboyoan di ibukota. Sampai Glenn menyebut keyword yang menurut pak supir khas suroboyo/jawa timur: ‘badminton’ (seriously!). Langsung deh pak supirnya angkat bicara ‘Mas-mas ini dari Suroboyo ya? Saya juga asli jawa timur, Mbatu Mas. Saya nebak sampeyan dari Suroboyo soalnya ngomong badminton itu. Kalau orang sini kan ngomongnya bulutangkis.’ Oohh gitu ya *baru tau*

Owalaahhh.. akhirnya logat Suroboyoannya bapak itu keluar semua deh. Hehe. Bapak tsb udah 30 tahunan lalu pindah Jakarta. Dulu waktu sekolah tinggal di Ngagel Jaya Selatan, mandinya aja masih di Kalibokor, deket ama rumahku tuh.  Dulu dia sempat jadi pemain band di hotel gitu. Cuma karena dia udah g bisa ngikutin selera lagu sekarang dan honornya juga kurang bisa mencukupi kebutuhannya, akhirnya selama setahun ini beliau jadi supir taxi deh.

Setelah nganter Glenn, aku minta dianter ke Grand Indonesia untuk nyari oleh-oleh dikit. Aku juga sempat nanya-nanya, berapa lama ke Wolter Monginsidi (aku mau liat Comma, coworking space di Jakarta) dan ke Airport. Ujung-ujungnya, bapak ini menawarkan gimana kalo dia yang nganterin sampe ke airport nanti. Pikirku ya gpp sih. daripada cari-cari taxi lagi.

Hal utama yang membuat aku terkesan dari bapak Ferdinand ini yah kejujurannya. Aku turun di 2 tempat, di GI dan di comma. Namun, bapak ini selalu bilang ‘Argonya saya matikan ya *sambil nunjuk argo nih*. Lalu pas aku mau bayar waktu udah nyampe di kedua tempat itu, beliau selalu ga mau. Bilangnya nanti aja pas terakhir di airport bayarnya. Sebelumnya, aku udah bayangin kalo argo taxinya bakal dinyalain sama dia. Ini hal yang lumrah kan bagi supir taxi. Nunggu penumpang sambil nyalain argo itu kan rejeki nomplok. Tapi bapak ini justru menawarkan matiin argo dan ga mau dibayar dulu loh! Coba kalo aku di GI mau nakalan dan naik taxi lain tanpa membayar. Hebat juga ya bapak ini bisa percaya sama penumpangnya. Alhasil, waktu diturunin di GI, aku nyimpen nomornya bapak ini dan minta dijemput lagi kalo udah selesai cari-cari barang.

Ceritanya bapak ini buanyakkkk banget sepanjang jalan ini. Waktu kita lewat Pasar Tanah Abang, dia cerita kalo jalan ini sekarang udah lancar banget (padahal menurutku itu masih merambat tuh. Kebayang kalo dia nyebut macet tuh gimana macetnya) sejak pedagang di jalanan dipindah ke blok G. Maklum juga sih, secara Pasar Tanah Abang tuh tempat grosir garmen dan tekstil terbesar di Asia Tenggara tuh.

Terus, sempat juga nyerempet ke politik nih. hehe. Beliau sangat ndukung Jokowi jadi Presiden kalo mau maju jadi capres 2014.  Selain itu juga mencibir banyak anggota dewan sekarang yang katanya cuma berani omong doang tuh hehe. Dia bandinginnya sama Pak Ahok, yang ga cuma berani ngomong, tp juga berani berbuat sesuai peraturan.

Lalu sempat nanya kerjaanku apa, ya aku jawab aja programmer sih. Dia nanya lagi, kerja sendiri apa ikut orang (ngantor) gitu. Aku bilang kerja sendiri. “Wah ya enak ya kalo kerja sendiri. Teman saya, anaknya kuliah komputer juga. Sekarang ikut orang, gajinya 3.5 juta sebulan. Kadang saya kasian juga. Itu mas-mas yang jualan kopi di pinggir jalan, sehari bisa dapet 250ribu tuh. Sebulan dapat 7 juta. Nah itu anak  kuliahnya udah ngabisin ratusan juta loh, gajinya kecil juga ya’. Wah, bapak ini, walaupun cuma supir taxi, tapi pandangannya cukup maju ya hehehe..

Cerita berlanjut, dia ceritain juga seorang tukang bakmi langganannya. Ceritanya, suatu hari Pak Ferdinand lagi istirahat makan bakmi di area perkantoran gitu. Dia iseng-iseng ngliat si tukang bakminya hitung-hitung kalkulator gitu. Jadi iseng nanya deh, omzetnya kira-kira berapa. Jual bakmi gitu, (7.000/porsi) bisa dapat 1.8 jutaan per hari looooo!!! 0_o.. jadi sehari abis 250 mangkok. Pak Ferdinand nanya, gimana caranya mas jualan bakmi sebanyak gitu?? Masnya cuma njawab, ‘lah kantor situ sekali pesen 20 mangkok mas, trus kantor yg lain 30 mangkok. Bisa lah 200 mangkok sehari’. Wowww. Pertanyaan berlanjut ke keuntungan. Si tukang bakmi ga mau menyebut angka pastinya sih. Cuma dia bilang, untuk sehari-hari (biaya istri, anak, karyawan pembuat mie di rumah, bahan baku dsb), dia habis 900rb. Bayangin aja tuh kalo profit per hari 900rb, per bulan berapa??? anggap aja 1 bulan 20 hari kerja. Dah 18 juta tuh.. buset..

Kadang-kadang, di mobil, pak Ferdinand juga bersenandung menyanyi lagu-lagu jazz gitu tuh. Beliau cerita kalo sampe sekarang masih memendam keinginan untuk balik jadi penyanyi lagi. Dulu, waktu masih muda, group bandnya Pak Ferdinand pernah dikirim ke Thailand untuk nyanyi di Indonesia Culture Festival selama 3 bulan (tahun 1984) dan juga pernah dikirim untuk nyanyi di depan Sultan Brunei sama juara bintang radio waktu itu. Keren juga nih bapak ya. Go International donk! Terakhir, sebelum jadi supir taxi setahun ini, beliau sempat bantu-bantu di hotel milik temannya sebagai soundman. Tugasnya, nata sound untuk 5 hall. Wah, sendirian loh kerjanya. Sayangnya, gajinya sangat-sangat minim, 1.6 juta aja. Sampe beliau agak sedih juga sih, bilang “ya konco wes selawe taun onok mas. Aku dikongkon ngewangi dee tok, la kapan aku diewangi?” Yaa, memang sih, kalau kamu mau dibantu orang, jangan lupa juga mbantu orang itu donk ya. Jangan jadi parasit  yang mau ngambil keuntungan pribadi aja.. hehe..

Di perjalanan ke airport, di jalan tol,  aku sempat nanya-nanya pas ngliat ada sungai yang besar dan bersih. Beliau cerita, itulah kerja nyata dari Pak Jokowi dan Pak Ahok. Kalo sama gubernur yang sebelumnya, kalinya kotor-kotor. Beliau kayaknya memang mengidolakan gubernur dan wagub Jakarta tsb. Dan biasanya, cerita dari orang grass root gini kan bener-bener tulus, tanpa pencitraan dan tendensi apa-apa. Mereka juga tidak bakal lah tertarik dengan isu-isu konspirasi politik. Yang penting ada perubahan nyata dan kinerja yang semakin membaik gitu aja.

Beliau juga sempat bercerita tentang profesi supir taxi ini. Ternyata, biaya BBM itu harus ditanggung oleh supir taxi loh. Jadi, beliau sempat ngitung, kalau sehari kira-kira dapetnya bisa 10%-20% dari omzet yang dihasilin, tergantung pagu omzetnya (mis: 500rb dpt xx%, 600rb dpt xx+yy% dst). Jadi masuk akal juga kalau beliau mau nawarin nganter sampe ke airport yah. Karena ke airport dari jaksel itu aja udah 125ribu. Makanya, kenaikan BBM Juni lalu berasa sekali bagi supir taxi itu. Fee taxi ga bisa dinaikkan banyak, tapi bensinnya naik hampir 40%.

Alhasil, beliau menemukan cara untuk menghemat bensin nih (katanya bisa hemat 20% kalo dibandingin ama teman-teman sesama supir).. hehe.. sempat dijelasin ke aku juga sih. Jadi, kalau di jalan tol, beliau ngegas sebentar pake gigi 4-5 sampe mobilnya jalan kenceng, lalu dinol-in deh itu persnelingnya. Aneh memang. Tapi aku juga memang dari awal ngliat, bapak ini kok sering banget ganti gigi ya. Iya kalo cuma ganti gigi, lah ganti gigi netral e.. Ternyata itu ‘trick’ supaya mesinnya ga berputar terus (beliau nunjuk indikator rpm mesin waktu njelasin tricknya ini). Intinya sih, kalau udah ga perlu ngegas, ya g usah digas gitu aja sih. Yah kalau ditulis di blog gini sih bakalan susah ngertinya yah.. Pak Ferdinand bilang gini “Aku juga mbagino tips ini ke temen-temen Mas. Cuma kalo diomongi thok ya ga bakal ngerti. Aku nyuruh mereka duduk di sampingku sambil aku praktek, baru isa mudheng gitu”. Oh ya, mungkin ini kelihaian nyetir pak Ferdinand ya, meskipun gonta ganti gigi gitu, kalau kita g liat ganti giginya, ga bakal tau, karena nyetirnya smooth banget loh! hehe.. *beliau cerita sempat dipuji sama seorang chef bule di Jakarta karena nyetirnya smooth banget*.

Akhir kata, sampai di airport Soekarno Hatta, argonya menunjukkan sekitar 125rb an lah.. aku total-total sih habis 270 ribu selama perjalanan siang tsb. Tapi aku kasih 300ribu. Wah,  waktu aku bilang “kembaliannya ga usah ya Pak”, muka beliau itu seperti ga percaya gitu. “Beneran ta mas? Terima kasih banyak ya mas” sambil sumringah. Yahh, untuk supir taxi yang menyenangkan dan pinter nyanyi, tips 30ribu + sepotong roti (di gedung tempatnya Comma aku sempat beli 2 pcs roti, satu tak makan, satu takkasihin bapak ini) tidak terasa memberatkan kan? 😉