Daily Life, Dream Cruise, Holiday, Traveling

Liburan Genting Dream Cruise Day 1

Seumur-umur, belum pernah liburan naik kapal pesiar nih. Jadi, untuk liburan kali ini, akhirnya kita coba untuk naik Dream Cruise (kapalnya namanya Genting Dream), kapal yang dimiliki oleh group Resort World dan Genting Highland. Sebenarnya motif dasarnya karena lagi bawa Elon, takutnya teler kalau perjalanan agak jauh, karena rencana awalnya kan mau jalan-jalan ke Thailand. Tapi mikir-mikir lagi, dengan perjalanan di pesawat hampir 5 jam kalau dari Surabaya, akhirnya mutusin naik Dream Cruise ini (karena yang lain juga belum ada yang pernah naik Cruise kan, jadi yahh sekalian aja deh).

Flight Plan

Perlu diketahui, Dream Cruise berangkat dari Singapore, tepatnya di Marina Bay Cruise Centre, jam 18.00 malam (mungkin bisa beda-beda tergantung destinasi dan jadwal Cruisenya juga), dan sudah mulai bisa check-in sekitar jam 13.00-14.00. Jadi, bagi yang mau jalan-jalan di Singapore dulu, tentu bisa menyesuaikan jadwalnya ya. Karena kita mau langsung naik Cruise di hari yang sama, maka kita cari flight yang paling pagi. Kalau dari Surabaya, option yang bisa diambil adalah Garuda Indonesia (flight jam 07.40, tiba jam 11.00 jam GMT+8), atau China Airlines (flight jam 08.10 kalau ngga salah, selisih setengah jam dari Garuda), atau kalau mau agak siang, Singapore Airlines sekitar jam 10.30. Karena ga mau resiko, yaa kita pilih Garuda saja, pas juga dengan moment Garuda Travel Fair bulan April lalu. Karena libur Idul Fitri termasuk blackout period, jadi discountnya ga besar amat sih. Dari harga normal *peak season* 5,2 juta an, disc 15% jadi sekitar 4.4 juta-an per orang. Sempat juga check low-cost airlines yang biasa kita pakai kalau ke Singapore waktu ngga libur, seperti Jetstar. Eh ternyata pergi aja udah kena 2.5 juta, ga dapat makan lagi hehe… Jadi yah kali ini kita naik Full Service Airlines aja deh.

Biaya Cruise

Untuk biaya Cruise sendiri, kita dapat harga untuk inside cabin (tanpa jendela) 8.9 juta untuk 2 orang pertama, dan untuk orang ke-3 dan ke-4, 4,4 juta. Untuk cabin dengan balcony, 2 orang pertama harganya Rp 11,7 jt, dan orang ke-3 dan 4 5,8 juta. Kenapa bisa beda? Karena sebenarnya, 1 kamar itu kasurnya either single atau double bed sih, jadi orang ke-3 dan ke-4 benernya tidurnya di atas sofa yang bisa direbahin hehe. Makanya mungkin cost-nya juga 50%, anggapannya kan ngga nambah fasilitas di kamar, cuma bayar untuk fasilitas dan makan aja. Fasilitas ini sudah termasuk makan 3x buffet di 4 restoran yang teredia (breakfast, lunch, dan dinner), serta semua fasilitas yang tidak menggunakan tenaga manusia. Misalkan, kolam renang, meja pingpong, dsb. Kalau mau makan di restoran lain selain yg buffet td, atau mau pakai service seperti spa, massage, dll, ya silakan menambah dengan biaya sendiri ya hehe.

Oh ya, jangan lupa ada additional charge yang dibebankan nanti waktu di kapal ya, SGD21 gratuity/tip per orang per hari. Karena trip kita 5 Day, maka 1 orang dikenakan Gratuity SGD105 yang nanti dibayarkan waktu settlement cabin card pas mau pulang.

Destinasi

Perjalanan dengan Dream Cruise ditempuh dalam 5 hari 5 malam, dari tanggal 10 Jun 2018 jam 18.00 mulai berlayar, dan mendarat kembali di Singapore tgl 15 Jun 2018 jam 12.00 siang.

  • Tgl 11 Jun : mendarat di Pulau Redang, Malaysia. Ini pulau kecil yang isinya ada resort, dan tujuan utama turis ke sini biasanya untuk main di pantai atau diving/snorkeling.
  • Tgl 12 Jun : mendarat di Ko Samui, Thailand. Salah satu daerah resort di Thailand juga. Rencananya mau ikut Shore Excursion, seperti City Tour yang disediakan oleh Dream Cruise. Tapi kehabisan, karena telat enroll hehe.
  • Tgl 13 Jun : mendarat di Laem Chabang, Thailand. Salah satu port besar untuk export (banyak mobil2 siap export di parkiran). Dari sini, kita bisa pilih, antara ke Bangkok (2 jam perjalanan dengan bis) atau ke Pattaya (1 jam perjalanan).
  • Tgl 14 Jun : High Seas, full di kapal, karena kapal berlayar balik dari Thailand ke Singapore.
  • Tgl 15 Jun : persiapan pulang, masih bisa makan pagi dan makan siang, disembark mulai jam 13.00.

Dream Cruises Apps

Oh ya, jangan lupa juga untuk install Dream Cruise Apps ya sebelum naik kapal, di iOS dan Android. Apps ini bisa kita pakai on board sebagai sarana komunikasi juga kalau kita connect ke wifi Dream Cruise (tanpa harus purchase paket internet). Jadi bisa chat dengan menyebut nomor cabin tujuan. Sayangnya ngga ada push notification, jadi kita kudu sering-sering check apakah ada chat masuk apa nda hehe. Selain itu, tiap hari bakalan ada info tentang excursion dan timetable yang lengkap, serta informasi masing-masing venue.

Day 1

Karena kita harus naik flight jam 07.40, berarti jam boarding 07.10, dan untuk jaga-jaga, jadi kita berangkat dari rumah jam 05.00, dengan estimasi perjalanan 30 menit sampai ke Bandara. Bangunnya, yah jam 04.00 lah. Mandi di malam sebelumnya, jadi pagi-pagi langsung cuci muka, siap-siap dan makan sarapan aja.

Elon masih lelap, jam 4.06

 

Garuda dengan Classic Livery

 

In-flight Meal untuk Elon. Apple dan Fruit Cocktail

 

In-flight meal untuk Adults. Ada 2 options, Omelette dan Nasi Beef Marangi.

 

Omelette

 

Beef Marangi Rice, rasanya seperti Rendang.

Marina Bay Cruise Centre

Setelah 2 jam di udara, akhirnya tiba juga di Singapore. Oh ya, waktu di imigrasi, ternyata kebetulan juga ketemu dengan salah satu client (yang memang sudah PR Singapore) bersama keluarganya juga. Kelihatannya juga akan pergi liburan ke negara lain dari Singapore :). Setelah antri imigrasi dan ambil bagasi, ternyata belum bisa langsung keluar airport karena salah satu pegawai dari mertua saya ternyata harus menghadap ke kantor imigrasi di dalam. Dugaan kita sih karena beliau kan Muslim ya. Mungkin pas kena random check gitu. Lumayan lama juga, 30 menit. Tapi sekitar 3 taun lalu, saya juga pernah sih mengalami waktu nyebrang dari Johor Bahru ke Singapore. Waktu itu juga hampir 45 menit, nunggu dan ditanyain. Banyak juga bule dan orang indonesia lainnya. Yah, ditanyai standard lah, mau ngapain, bawa uang berapa (iya ditanyain gini, ya udah tunjukin isi dompet lah. Ga terlalu banyak tapi juga ya ga gembel2 amat lol), nginep di hotel apa.

Setelah itu, lanjut ke tourist information center, niatnya sih cuma nanya apa bisa ke Cruise Centre, dan kalau bisa jauh ngga. Katanya sih lumayan jauh dan harus naik bis juga. Waduh, bagasi juga lumayan tuh kalau diangkat hehe. Akhirnya minta tolong dia untuk booking taxi. Dikira awalnya taxi resmi bandara. Ternyata, kelihatannya juga pesan dari online apps sih. Total kita dicharge SGD60 (van 6 seater) dan SGD 29 (mobil biasa 4 seater). Sempat ada drama kecil juga. Kan kita dikasih 2 nomor plat mobil, satunya udah nunggu. Tapi mungkin karena kelamaan nunggu kita di parking area, akhirnya dia pergi. Jadi kita minta tolong sama Mr. Kelvin *driver dari yg 6 seat, mirip Alphard modelnya sih* untuk kontak ke office di atas yang hire dia tadi. Dan setelah dibantu, akhirnya datang lagi 1 mobil lain tipe HRV. Ready to Cruise Center. Perjalanan ke sana sekitar 20 menit lah.

Mr Kelvin Contact. Overall puas sih dengan service dan pricenya. Kita juga pakai jasanya waktu jemput dari cruise ke hotel dan dari hotel ke airport waktu mau pulang.

Sesampainya di Cruise Center, ternyata sudah banyak juga yang check-in. Awalnya kita pikir mau jalan-jalan dulu setelah check-in, karena check-in kan sudah dibuka jam 13.00, dan kapal berlayar jam 18.00. Pikirnya kan lumayan tuh kalau bisa mampir ke Marina Bay jalan-jalan bentar. Tapi ngliat antriannya, g jadi deh kalau mau keluar lagi hehe. Nah, sesampainya di pintu keberangkatan, udah ada tim Dream Cruise yang akan handle Check-In Baggage jika kita ingin menaruh bagasi. Kita cukup tunjukin aja tiket, dan nanti akan diganti dengan semacam Luggage Card. Setelah berlayar, bagasi akan dikirimkan ke depan pintu kamar masing-masing.

Luggage Card

Masuk ke dalam terminal, sudah ada tempat untuk self check-in juga, berupa kios gitu. Mungkin ada sekitar 8 kios. Cukup 1 orang aja untuk tiap cabin yang melakukan self check-in ini, jadi passport untuk orang yang nantinya jadi 1 cabin sama kita, dikumpulin untuk discan. Jangan khawatir, banyak banget officer yang muda-muda siap membantu sih hehe… Sebenarnya cuma butuh beberapa klik aja di layar, sama proses scanning passport. Setelah itu, mesin akan mengeluarkan kartu Cabin. Nah, cabin card ini sangat penting yah, dan jangan sampai hilang. Karena basically, passport kita akan ditukar dengan kartu ini selama perjalanan dengan Dream Cruise. dan kartu ini dilengkapi dengan NFC. Jadi mulai dari membuka kamar, sampai melakukan semua pembelian, bisa dilakukan dengan kartu ini saja, tanpa uang tunai.

Nah, pada beberapa kasus, seperti passport papa dan mama, ternyata self check-in di kiosknya gagal karena scan passportnya failed. Jadi kita harus ke lantai 2 lagi untuk ngurus manual check-in sih. Sebenarnya sama aja prosesnya, cuma kalau di bawah pakai mesin kan harusnya bisa lebih cepat. Tapi kalau memang ngga bisa, ya terpaksa naik untuk manual check-in.

Antrian Manual Immigration

Setelah semua check-in, officer akan ngasih kita seperti tag untuk 1 keluarga, seperti grouping untuk nanti boarding. Jadi nanti duduknya sesuai dengan nomor group tersebut, dan boarding nya juga sesuai nomor. Oh ya, saat nunggu ini, sudah bisa cari brosur untuk Shore Excursion yang ditawarkan oleh Dream Cruise ya. Jadi kita sudah bisa tahu, kira-kira mau beli Excursion apa saja.

Waiting Room sebelum boarding

Kurang paham, isi dos Pop-Mie nya apa ya hehe.

Oh ya, kalau di Singapore, jangan sekali kali melanggar peraturan, terutama yang sudah dideclare publicly ya. Ada 1 keluarga yang asik selfie di antrian imigrasi, sementara jelas-jelas ada gambar dilarang mengambil foto. Alhasil, dibentak cukup keras waktu kelihatan sama salah satu petugas imigrasi loh.

Yak, setelah ngurus semua proses imigrasi, tinggal antri aja masuk ke kapal (iya, masuk aja antri hehe. Karena kapal ini max capacitynya 6.000 orang, 4.000 guest dan 2.000 crew).

Masuk Kapal dan Makan di Blue Lagoon

Sekitar jam 14.00, akhirnya masuk kapal. Kamar masih dibersihkan oleh housekeeper sih, karena kapal ini pun baru balik dari trip sebelumnya. Begitu masuk deck 7, liat Blue Lagoon, kita langsung duduk aja. Langsung pesan makan. Luaperrrr banget. Ini resto yang beroperasi 24 jam di kapal, dan, bayar! Jadi tidak termasuk yang free yah hehe. Cuman sudah kelaperan banget, kasian jg Elon belom makan heavy meal sejak di pesawat. Jadi ya kita bertiga *karena kepencar sama yang lain* langsung makan dulu deh.

Oh ya, selama di kapal ini, kita juga bakal menjumpai banyak waiter, waitress, cabin crew dari berbagai macam negara, termasuk Indonesia. Contohnya waktu di Blue Lagoon ini, yang serve kita juga waitress dari Indonesia sih. Jadi kita berkomunikasi juga pakai bahasa Indo hehe. Nah, baiknya lagi, dia ngingetin kita kalau sebenarnya kita dapat makanan Buffet yang udah included loh. Karena dari pengalaman dia di trip sebelumnya, ada 1 keluarga yang tiap hari itu makan di restoran yang berbayar, karena ngga tau kalau ada fasilitas buffet meal 3 x sehari. Kita udah tahu sih, cuma pas baru naik itu, udah ga sempat mikirin buffet restonya di mana, jadi kita langsung duduk di resto pertama yang kita temuin, which is Blue Lagoon ini hehe.

Blue Lagoon Resto

Elon lagi nunggu makanan

 

Jangan dikalikan dengan kurs rupiah ya. Nanti makannya sambil nyesek hehehe.

 

Dipinjami eating set yang lucu untuk kids.

 

Aku pesan Baikut Teh, include dengan nasi putih dan cakue gorengnya sih.

 

Setelah makan, jalan jalan bentar nurunin isi perut ke sisi sebelah restoran.

 

Sudah mbayangin liburan bakal kayak apa ya Lon?

Di Dalam Kamar

Kamarnya kecil, yah ngepres lah ya, minimalis hehe. cukup nyaman tapi, baik dari sisi kasur, maupun amenities yang ditawarkan. Berikut foto-fotonya.

1 Kamar untuk 3 orang. Ada 1 bed ukuran single dan itu sofa yang direbahin untuk tidur 2 orang.

 

Meja untuk taruh barang-barang dan berdandan

 

Shower room di dalam WC

 

WC-nya cukup kecil sih, compact tp convenient kok.

 

Smart TV untuk akses live channel, recorded channel, front cam untuk ngliat depannya kapal, serta ada akses ke account kita untuk check pengeluaran dan balance.

 

Water Heater dan Hair Dryer sudah tersedia.

 

Amenities Coffee dan Tea cukup berlimpah, direfill setiap hari.

 

Ada safety box kecil dan kulkas kecil juga.

 

Lukisan unik, mungkin tentang Kaguya ketemu sama Neil Armstrong di Bulan?

Cabin Card

Oh ya, tadi kan sempat bahas tentang cabin card. Cabin Card ini kartu yang ada chipnya dan bisa dipakai untuk purchase di semua gerai di dalam kapal yah.

Waktu kita akan on-board ke kapal, passport kita akan ditukar dengan cabin card ini *nanti akan dikembalikan di hari terakhir sebelum disembark. Jadi bisa dibilang ini magic card yang cukup kita bawa ke mana-mana selama di dalam kapal. Di situ juga tercantum informasi seperti nomor kabin, bagian kabin kita (FWD, MID, atau ATD). Nomor kabinku, sebenarnya cukup “sial” ya, tapi ternyata, ini nomor kabin pembawa keberuntungan loh hehehe * akan diceritakan di post selanjutnya *.

Wifi Package untuk Internet

Nah, bagi kaum netizen, internet adalah oksigen kedua, kan? Hehe. Nah, awalnya sempat mikir mau pakai rental wifi semacam passpod, tapi jadi kepikiran, kalau kita berlayar kan belum tentu dapat sinyal tuh. Dan benar aja, pas abis naik kapal, kalau lagi bersandar di dermaga, dapat sih 3G gitu. Tapi begitu udah berlayar, udah ga ada sinyal apa-apa. Ada sih, Cellular At Sea, provider selama di kapal, tapi mahal banget. Mungkin untuk hal urgent SMS dan telpon, masih oke lah.

Nah, Dream Cruise ini ada sih paket wifinya. Cuman, kerasa mahal juga yah hehe. yang paling murah aja, SGD19 / hari! dan harus beli paketan lagi.

Harga Paket Wifi On Board

Jadi kalau trip 5 Hari, habisnya SGD95 untuk standard (cuma bisa chat aja), atau SGD145 (mentok bisa light streaming) hehe. Pikir-pikir eman juga nih, cuman bisa di kapal aja loh. Jadi kalau pas kita turun di darat, ya kita harus bayar lagi. Jadi akhirnya mutusin untuk ngga pakai fitur ini, sekalian belajar puasa internet kan :D.

Keliling Kapal

Setelah istirahat bentar dan taruh tas, kita mulai keliling kapal. Semua fasilitas yang udah kebuka, sudah bisa dipakai sih. Sudah ada yang langsung berenang bahkan 🙂

Berikut beberapa view dari Deck 16

Ngga heran Singapore jadi salah satu marine hub yang populer di international trade. Harbournya udah canggih.

Banyak banget kapal barang dan tongkang batu bara yang kelihatannya lagi antri untuk bongkar muat.

Main Pool di Deck 16

Ada Gym 24 jam dan Jogging Track juga di Deck 16. Dan banyak sekali activity untuk exercise di Kapal ini.

Fasilitas lain, seperti meja ping-pong, climbing wall, ropes course, dan mini golf juga ada.

Banyak aktivitas outbound yang bisa digunakan di sini.

Wallpaper yang lucu.

Mini Golf Course

 

Meja Ping Pong

Yang mau main catur raksasa

Wall Climbing

Prepare untuk Zouk Evening Beach Party

Elon pengen nyebur di kolam Jacuzzi

 

Marina Bay Sand dan Singapore Flyer.

Banyak Yacht yang lagi parkir.

Buffet Dinner di The Lido

Untuk dinner, kita coba makan di The Lido. Menunya adalah International dan Indian food. Lokasi Lido ini di Deck 16, di dekat Main Pool.

The Lido Restaurant. Ini yang di sebelah Pool. Tapi dalamnya masih besar banget. Mungkin ada sekitar 4x lipat dari yang di luar ini.

After Dinner

Setelah selesai makan dan nganterin Elon balik kamar karena udah tidur, aku lanjut jalan-jalan bentar lagi.

Elon ketiduran sekitar jam 7.30, jadi literally ketiduran sambil makan jagung waktu di The Lido hehehe…

Ada live performance di 360 Bar. Biasanya Live Band, ada juga pole dancer. Banyak orang yang sambil ngebir juga. Dan di sebelah bundaran ini adalah Resort World Casino At Sea, jadi tambah malam tambah rame dah hehe.

Ada banyak paintings yang dipamerin dan dijual juga.

Main Pool sekitar jam 9 malam. Sudah sepi?

Tentu tidak! Hehe. Di sini tiap malam akan ada acara, seperti dance bareng dll.

Di deket tempat yang ada logonya ini, ada Zouk Night Club juga sih. Sempat masuk, tp kok radak sepi ya ahaha. jadi keluar lagi deh. Di sebelahnya ada tempat bowling juga.

Namanya Zouk Beach Bar kalau ngga salah. Ada jadwal DJ Party di sini.

 

Demikianlah hari ke-1 di Dream Cruise. hehe. Hari-hari berikutnya nanti dituliskan di post lain yah.

Link untuk Hari ke-2 di Pulau Redang bisa diklik di sini http://creandivity.com/dream-cruise-2018-day-2